-->

iklan

Kata Benda Abstrak: Penjelasan, Contoh Kalimat

     Selain kata kerja, kata seru, kata sandang, kata sapaan, jenis kata yang paling umum dikenal adalah kata benda. Tentu saja jenis kata ini harus kalian pahami karena kata benda sering hadir dalam pelajaran bahasa Indonesia. Kata benda atau nomina ini dibagi menjadi dua yaitu kata benda abstrak dan konkret. Untuk membantu Anda memahami kata benda, artikel ini akan membahas lengkap mengenai pengertian, contoh kalimat yang menggunakan kata benda abstrak.

    Kata Benda Abstrak

    Kata Benda Abstrak: Penjelasan, Contoh Kalimat

    Pengertian Kata Benda Abstrak

    Kata benda abstrak adalah jenis kata yang tidak menunjuk pada suatu objek tetapi pada sesuatu yang kasat mata, tidak bisa dijelaskan oleh panca indera atau abstrak. Nomina ini berasal dari kata sifat atau kata kerja. Contoh dari jenis kata ini adalah kejahatan, kegagalan, bakat, kesenian, ilmu,, janji, pekerjaan, dan lainnya.

    Contoh Kata Benda Abstrak

    Berikut ini contoh kalimat yang mengggunakan kata benda abstrak:
    • Semua kejahatannya akan aku maafkan dengan satu syarat.
    • Aku suka pelajaran kesenian.
    • Ilmu yang ku dapat akan kugunakan dengan baik.
    • Semua perjuangan yang dia lakukan sangat membuatku tersentuh.
    • Keyakinanku terhadap dirinya ternyata salah.
    • Dia akan mendapat untung besar.
    • Aku pikir idenya tidaklah buruk.
    • Rina memiliki perasaan terhadap Riko.
    • Aku paham kenapa kau berubah.
    • Hanya dengan usaha kau akan mendapatkannya.
    • Tingkat kemiskinan terus saja melonjak.
    • Rasa apel ini tidak terlalu buruk.
    • Kau tidak boleh curang dalam menjalankan bisnis.
    • Aku masih ingat semua janji yang kau ucapkan.
    • Waktu yang akan membongkar semua kebusukanmu.
    • Setiap hari dia tidak lelah mengejarmu.
    • Aku akan ke rumahmu hari sabtu.
    • Terimakasih atas kebaikanmu selama ini.
    • Semua kekurangan yang ada pada dirinya aku akan menerimanya.
    • Saya sama sekali tidak membutuhkan pengakuan dari Anda.
    • Kecepatannya seperti burung terbang.
    • Kebahagian terpancar dari wajahnya.
    • Aku tidak akan memberikanmu kesempatan
    • Kesaksianku akan semakin memberatkan hukumanmu.
    • Umurku sekarang sudah 20 tahun.
    • Puisimu tadi sangat bagus.
    • Aku iri padamu yang banyak mendapat prestasi.
    • Pesonanya seolah-olah memikatku.
    • Aku sejak kemarin mencari lowongan pekerjaan.
    • Usulan yang kau beri mungkin bisa ku terima.
    • Ucapanmu sudah mempengaruhinya.
    • Dia daritadi sibuk.
    • Aku cinta kamu.
    • Aku terus saja merasakkan kesepian.
    • Namaku Nirla.
    • Hobiku menulis puisi.
    • Tugasnya belum kelar.
    • Kejujuranmu patut diapresiasi.
    • Persahabatan kita akan terus terjalin selamanya.
    • Keberuntungan selalu mengikutinya.
    Semoga artikel Kata Benda Abstrak: Penjelasan, Contoh Kalimat ini dapat bermanfaat bagi Anda.
    LihatTutupKomentar
    Cancel